Magister Teknologi Informasi



Program Studi Magister Teknologi Informasi (PSMTI) Fakultas Teknik, Universitas Mataram merupakan program studi jenjang Magister (S2) di bidang Teknologi Informasi yang berlokasi di Mataram, Lombok, Nusa Tenggara Barat. PSMTI memiliki tujuan utama untuk secara profesional dapat menghasilkan lulusan yang dapat memberikan kontribusi nyata di era perkembangan teknologi yang pesat seperti saat ini. Oleh karena itu, kurikulum PSMTI secara khusus memperhatikan Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) yang tertuang dalam Peraturan Presiden no 8 tahun 2012 dan juga kerangka penyusunan kurikulum Outcome-Based Education (OBE) yang direkomendasikan oleh Asosiasi Pendidikan Tinggi Informatika dan Komputer (APTIKOM). OBE dijadikan salah satu basis penyusunan kurikulum ini karena pada Peraturan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi Nomor 4 Tahun 2017 disebutkan bahwa penilaian akreditasi diarahkan pada capaian kinerja tridharma perguruan tinggi (outcome based accreditation); dimana yang dimaksud dengan outcome based accreditation ini adalah akreditasi program studi berfokus pada ketercapaian capaian pembelajaran lulusan (CPL). Kurikulum PSMTI juga  memuat komponen-komponen penting meliputi landasan kurikulum, kelayakan PSMTI, prosedur pembentukan mata kuliah, dan berbagai aspek teknis lain terkait kurikulum PSMTI. Lebih lanjut, kurikulum PSMTI juga mengadopsi serta nilai kearifan lokal dengan tujuan menghasilkan lulusan/alumni magister  dengan profil :

Memiliki kompetensi yang tinggi baik secara mandiri maupun kelompok dan leadership yang kuat, khususnya pada area sistem cerdas, penambangan data dan rekayasa perangkat lunak yang berpusat pada kepariwisataan, pertanian dan kemaritiman serta e-Government yang menjunjung tinggi etika, berkarakter, cakap, berintegritas dan berjiwa entrepreneurship serta memiliki semangat belajar sepanjang hayat

Kurikulum lengkap dari PSMTI Fakultas Teknik Universitas Mataram dapat diakses disini


PSMTI Fakultas Teknik Universitas Mataram memiliki keunikan dalam hal:

  1. Menghasilkan lulusan sebagai Software Designer, Intelligent System Designer, Network Infrastructure Designer, atau Information Technology Professional

  2. Mengembangkan potensi lokal bidang  pariwisata/budaya, pertanian, dan kemaritiman 

  3. Sebagai pusat inovasi bidang Sistem Cerdas, Penambangan Data dan Rekayasa Perangkat Lunak yang berpusat pada bidang pertanian, kemaritiman, dan kepariwisataan serta e-Government untuk mendukung tata kelola pemerintahan yang baik (good governance)

  4. Kurikulum terdiri dari total 40 SKS dengan tiga  konsentrasi utama: 1) Software Designer, 2) Intelligent System Designer, 3) Network Architecture Designer, 4) Peminatan Lintas Bidang .

  5. Bekerjasama dengan Seoul National University (SNU), Korea Selatan, yang memiliki kekuatan dalam bidang teknologi. Kerjasama tersebut akan dituangkan dalam dukungan pengajaran, dan exchange student. Kerjasama tersebut juga memungkinkan mahasiswa MTI untuk melakukan short exchange atau kerjasama penelitian/publikasi dengan SNU (https://drive.google.com/file/d/1eDERoqCIYf-a_h_mGTLYv4EQILQl7Xh6/view?usp=sharing) dan dengan Kumamoto University dalam exchange student (https://drive.google.com/file/d/1bpexWgrlWO7TkqOGDsl1sJoUz91OpJV9/view?usp=sharing). Dukungan Pemda NTB untuk memenuhi kebutuhan sumber daya manusia di bidang TIK di provinsi ini sangat memungkinkan staf mereka untuk melanjutkan studi lanjut di PSMTI tanpa harus meninggalkan tugasnya, bahkan berpotensi mendapat beasiswa dari pemda. 


PSMTI pendiriannya disetujui oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi,  Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, Dan Teknologi dengan SK No. NOMOR 914/E/0/2022. Berdasarkan arahan dari Rektor UNRAM dan Dekan Fakultas Teknik, PSMTI untuk pertama kalinya menerima mahasiswa baru pada semester Genap Tahun Ajaran 2022/2023.